Uncategorized

7 Tips agar Kembali Semangat Sekolah setelah Liburan

Halo Sobat CI Privat!

Gimana liburannya?? Ciee ada yang udah mulai masuk sekolah ya? CI Privat mau memberi selamat dulu untuk yang sudah mulai sekolah. Semoga menjadi awal peningkatan prestasi ya!

Berbicara tentang prestasi, tentu memerlukan usaha keras untuk menggapainya. Sayangnya, diawal masuk sekolah seringkali kita masih terbawa suasana liburan nih sobat. Hal ini membawa kita masih malas untuk beraktivitas, termasuk untuk berangkat dan belajar di sekolah. Hayoo siapa yang merasakan hal tersebut? hehe.

Namun, kita tidak boleh terbawa suasana liburan terlalu lama. Kita harus dapat mengembalikan semangat belajar dalam menimba ilmu dan meraih prestasi setinggi-tingginya di sekolah. Oleh karena itu, CI Privat ingin memberikan beberapa tips dan saran untuk sobat CI Privat di seluruh nusantara agar dapat kembali bersemangat menjalani aktivitas belajar setelah liburan. Yuk simak di bawah!

1. Mengembalikan niat pergi sekolah

Minggu pertama masuk sekolah merupakan waktu beradaptasi untuk mengembalikan niat sobat belajar di sekolah. Sobat pasti merasa sekolah lebih tidak menyenangkan daripada liburan bukan? Agar sobat bisa kembali bersemangat, pikirkanlah hal-hal menyenangkan yang dapat sobat temukan di sekolah. Sobat bisa mulai menyegarkan kembali niatmu dengan memikirkan hal-hal menyenangkan tersebut, seperti bermain dan mengobrol kembali dengan teman yang sudah lama tidak bertemu. Ketika sobat memikirkan hal-hal menyenangkan tersebut, maka akan semakin mudah untuk mengembalikan niat belajar. Mengembalikan niat belajar akan membantu sobat dalam meningkatkan semangat untuk menuntut ilmu di sekolah.

2. Membuat jadwal hari pertama

Memasuki semester baru sekolah, sobat akan dihadapi dengan kondisi jadwal yang berbeda dengan sebelumnya. Minggu pertama masuk sekolah dapat sobat manfaatkan dengan membuat jadwal kegiatan sendiri yang tertata rapi. Jadwal ini akan menjadi simulasi kepadatan aktivitas dan merangsang sobat untuk lebih bersemangat sekolah. Buatlah jadwal kegiatan yang akan sobat selesaikan mulai dari hari pertama hingga beberapa hari ke depan. Dengan begitu, sobat secara tidak langsung mulai memikirkan cara untuk menyelesaikan kegiatan tersebut dan secara tidak sengaja semangat belajarmu bisa kembali meningkat. Jika punya jadwal yang jelas, maka sobat juga memiliki tujuan belajar yang jelas dan hal itulah yang bisa memacu sobat untuk lebih bersemangat.

3. Datang lebih pagi ke sekolah

Siapa yang suka bangun siang ketika libur hayoo? Setelah cukup lama bermalas-malasan, sobat akan jadi terbiasa untuk terus malas dan bangun siang karena tidak ada keperluan pergi ke sekolah. Sayangnya, sekarang adalah saatnya sobat sekolah, belajar di kelas dan meninggalkan kebiasaan tersebut. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memaksakan diri sobat untuk bangun dan datang lebih pagi ke sekolah. Dengan cara ini, sobat akan punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri belajar di kelas, sehingga sobat tidak keteteran saat belajar nanti.

4. Mulai belajar secara perlahan

Setelah liburan pasti masih terasa berat untuk kembali memulai rutinitas belajar di kelas. Tenang saja karena hal ini adalah hal yang normal. Yang penting adalah memulai belajar dengan perlahan-lahan. Jangan terburu-buru untuk menyerap semua informasi pelajaran yang diberikan karena mood dan pikiran sobat pasti masih belum sepenuhnya fokus pada pelajaran. Lebih baik mulai sedikit demi sedikit dan perlahan asal pasti.

5. Jangan terbawa arus negatif teman

Musim liburan memang sangat bisa membuat orang jadi malas. Mungkin teman-teman di sekolah masih ingin bermalas-malasan setelah kembali ke sekolah. Bahayanya adalah, hal tersebut bisa mempengaruhi sobat loh! Maka dari itu, jangan biarkan mereka mempengaruhi mood dan pikiran sobat. Sobat sendiri yang harus bisa mempengaruhi teman-teman untuk dapat kembali bersemangat belajar. Pertahankan semangat sobat dan jangan terbawa dengan kemalasan teman-teman yang lain.

6. Fokus ketika memulai

Hal yang paling utama, tentu saja kembali fokus ke dalam masalah kerja. Lupakan euforia liburan, karena masa tersebut sudah selesai dan Anda mesti mengembalikan mood agar bisa bekerja dengan baik. Ingat, liburan sangat berguna untuk mengembalikan semangat bekerja yang mungkin sudah mulai padam karena rasa bosan.

7. Minta bantuan

Mungkin pikiran kamu masih belum fokus pada pekerjaanmu saat ini, jadi kamu merasa tertinggal dan kesulitan dalam menyelesaikannya. Apabila hal ini terjadi pada kamu, jangan sungkan untuk meminta bantuan pada rekan kerjamu. Meminta bantuan bukan menunjukkan bahwa kamu tidak mampu melakukan pekerjaanmu, tapi kamu hanya belum siap untuk melakukannya sekarang. Jadi, mintalah bantuan jika diperlukan.

Butuh bantuan untuk belajar? Silakan hubungi kami atau daftar disini.

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

UJIAN NASIONAL SMP dan MTs 2018

Jadwal Ujian Nasional SMP 2018

Halo sobat CI Privat! Bagi kamu siswa kelas 9 yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional SMP dan MTs kamu perlu membaca post ini. Hehe

Admin punya info bagus untuk disimpan dalam gadget dan smartphone kalian loh. Info ini akan admin perbarui lagi dengan aktifitas yang perlu diperhatikan seputar mendapatkan sekolah lanjutan yang kalian idam-idamkan ;). Nah untuk saat ini, admin ingin membantu kalian dalam mencatat tanggal penting seputar Ujian Nasional. Kenapa sih harus dicatat? Karena Ujian Nasional akan menjadi penentu apakah kamu sudah layak melepas pakaian putih-biru atau belum. Yang tidak kalah penting adalah, nilai Ujian Nasional akan menjadi penentu apakah kamu dapat masuk ke sekolah yang kamu inginkan nantinya atau tidak, ketika sudah lulus SMP nanti. Maka dari itu, kamu harus hafal tanggal-tanggal nya yaa.

  • UN SMP/MTs  : 23-26 April 2018
  • UN Susulan     : 8-9 Mei 2018
  • Pengumuman : 23 Mei 2018

Jangan lupa dicatat dan dihafal yaa. Admin juga mendoakan semoga teman-teman bisa sukses dan lulus dengan nilai terbaik yang membahagiakan orang tua dan keluarga teman-teman (Aamiin). Semoga kalian bisa masuk sekolah terbaik sesuai dengan apa yang kalian cita-citakan.

Sebelum menghadapi Ujian Nasional, masih ada rentang waktu yang bisa kalian manfaatkan untuk persiapan sebaik mungkin. Bukan tidak mungkin, di sisa waktu yang ada ini kalian justru dapat lebih mengerahkan segala kemampuan otak kalian untuk menyerap berbagai macam materi yang akan keluar ketika Ujian Nasional. Lalu, bagaimana agar persiapan Ujian Nasional dapat berlangsung sebaik mungkin? Bagaimana caranya agar mendapatkan nilai Ujian Nasional yang bagus sehingga sekolah tujuan tercapai?

Tenang saja, CI Privat punya solusinya! Kami akan membantu kamu mempersiapkan segalanya untuk mewujudkan keinginanmu! Sudah tidak sabar ingin mempersiapkan nilai Ujian Nasional terbaik tanpa cheatsheet? Mulai sekarang aja!

Nantikan update selanjutnya tentang info masuk SMA dari CI Privat yaa

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

UJIAN NASIONAL SMA, MA, SMK 2018

Jadwal Ujian Nasional SMA 2018

Halo sobat CI Privat! Bagi kamu siswa kelas 12 yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional SMA, MA, SMK, kamu perlu membaca post ini. Hehe

Admin punya info bagus untuk disimpan dalam gadget dan smartphone kalian loh. Info ini akan admin perbarui lagi dengan aktifitas yang perlu diperhatikan seputar masa transisi menuju perguruan tinggi yang kalian idam-idamkan ;). Nah untuk saat ini, admin ingin membantu kalian dalam mencatat tanggal penting seputar Ujian Nasional. Kenapa sih harus dicatat? Karena Ujian Nasional akan menjadi penentu apakah kamu sudah layak melepas pakaian putih-abu atau belum. Maka dari itu, kamu harus hafal tanggal-tanggal nya yaa.

  • UN SMK          : 2-5 April 2018
  • UN SMA/MA : 9-12 April 2018
  • UN Susulan    : 17-18 April 2018
  • Pengumuman : 2 Mei 2018

Jangan lupa dicatat dan dihafal yaa. Admin juga mendoakan semoga teman-teman bisa sukses dan lulus dengan nilai terbaik yang membahagiakan orang tua dan keluarga teman-teman (Aamiin).

Setelah Ujian Nasional masih ada tahapan yang lebih berat lagi, yaitu ....... masuk perguruan tinggi! Namun perjuangan menggapai perguruan tinggi tersebut bisa menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Bagaimana caranya? Tenang saja, kami akan membantumu 😉

Nantikan update dari CI Privat yaa

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Ujian Nasional Tahun 2017 Tetap Diadakan, Bagaimana Persiapanmu?

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan bahwa ujian nasional tetap dilaksanakan pada tahun 2017.

Sebelumnya Muhadjir mengusulkan agar ujian nasional dihapus, namun pada akhirnya Presiden Joko Widodo memutuskan ujian nasional tetap dilaksanakan dengan melakukan beberapa penyempurnaan.

“Ujian Nasional tetap dilaksanakan di tahun 2017. Kita juga tingkatkan mutu ujian sekolah dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk beberapa mata pelajaran. Kemendikbud juga akan memperluas pelaksanaan ujian berbasis komputer,” kata Mendikbud dalam pernyataannya usai Rakor Ujian Nasional di kantornya, Jakarta, Kamis(22/12/2016).

Mendikbud juga menyampaikan nantinya soal-soal USBN akan dibuat oleh Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai organisasi profesi.

Adapun soal tersebut akan dibuat dengan perpaduan soal yang dibuat oleh guru dan soal jangkar dari pusat sebesar 20 sampai dengan 25 persen.

Adapun mata pelajaran (mapel) yang akan diujikan pada Ujian Nasional tahun 2017, untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) diantaranya Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) ditambahkan 1 mata pelajaran sesuai dengan jurusan siswa. Sedangkan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ditambahkan uji teori kejuruan sesuai dengan bidangnya.

Sementara untuk USBN, mata pelajaran yang diujikan adalah Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Untuk SMP/MTs ditambahkan mapel Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan SMA/MA, terdapat juga mapel Sejarah dan 3 mapel sesuai program studi siswa, seperti Fisika, Kimia, Biologi untuk jurusan IPA, Ekonomi, Geografi, Sosiologi untuk jurusan IPS, dan Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi, Bahasa Asing untuk jurusan Bahasa. Sementara untuk siswa SMK, terdapat uji keterampilan komputer.

Penyelenggaraan Ujian Nasional dijadwalkan pada bulan April sampai dengan Mei tahun 2017. Ujian Nasional SMK dilaksanakan pada tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017. Untuk SMA/MA pada tanggal 10 sampai dengan 13 April. UN untuk SMP/MTs dirancang dalam dua gelombang, yang pertama dijadwalkan pada tanggal 2, 3, 4, dan 15 Mei. Sedangkan untuk gelombang kedua dijadwalkan pada tanggal 8, 9, 10, 16 Mei.

“Penyebab utama usulan moratorium UN itu adalah dampak negatif dari UN yang mereduksi hakikat pendidikan dan menyebabkan banyak pelaku pendidikan tergoda berbuat tidak jujur. Pekerjaan kita sekarang ini adalah bagaimana mengurangi dampak negatif dalam pelaksanaan UN. Kita harus menyelenggarakan UN dengan jujur dan berintegritas,” ungkap Menteri Muhadjir.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Totok Suprayitno menyampaikan perlunya kerjasama khususnya resource sharing dalam penggunaan komputer.

Saat ini telah terdata sebanyak 12.053 sekolah/madrasah dengan kapasitas total 2.188.947 siswa siap menjadi tempat pelaksana UNBK.

Dengan jadwal UN SMK, SMA/MA, dan SMP/MTs yang berjalan tidak bersamaan, komputer dapat digunakan bergantian.
“Sekolah/Madrasah dengan jumlah komputer lebih dari 20 buah dan memiliki server dapat ditetapkan menjadi tempat pelaksanaan UNBK. Nanti Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota menetapkan tempat ujian bagi siswa dari sekolah yang belum memiliki fasilitas berdasar kedekatan jarak antar sekolah,” pungkas Totok.

sumber : tribunnews

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Ujian Semester? Siapa Takut!

Halo sobat CI Privat!

Tidak terasa kita sudah berada di akhir bulan November nih. Kalo udah akhir November, berarti sebentar lagi akan ada apa? LIBURAN!  Yup! Salah. Jika sudah akhir November, berarti sebentar lagi kita akan memasuki minggu Ujian Akhir Semester (UAS)!

Sobat pasti sudah tahu kan bagaimana rasanya menghadapi UAS? Deg-degan? Grogi? Takut? atau santai aja? Hehe. Itu semua tergantung bagaimana sobat menyikapi ujian tersebut. Ada siswa yang ragu-ragu menghadapinya karena merasa kurang belajar, ada juga yang santai dalam menyambut UAS karena sudah yakin bisa dan mengerti pelajaran (atau memang tidak peduli dengan ujiannya?) Namun biasanya rata-rata siswa akan merasa grogi dan kurang percaya diri ketika minggu UAS tiba. Beberapa siswa bahkan masih bingung apa yang harus dilakukan menjelang dan untuk menghadapi UAS. Dengan waktu yang biasanya baru disadari tinggal sedikit lagi menuju UAS, apa yang bisa dilakukan agar mendapatkan hasil UAS yang maksimal?

Untuk menjawab kegundahan hati sobat, CI Privat punya beberapa saran (tips dan trik) untuk menyambut UAS nih! Mungkin bisa menjadi solusi sobat dalam mempersiapkan UAS. Berikut adalah beberapa tips dari CI Privat.

 

  • Membuat ringkasan materi setiap bab agar mudah dihafal atau dipahami
  • Memperbanyak latihan soal-soal yang ada di LKS maupun buku cetak terutama mata pelajaran yang menggunakan hitungan
  • Membentuk kelompok belajar untuk mengatasi kesulitan belajar yang kita sendiri rasakan
  • Konsultasi pada guru bidang studi maupun orang yang mengerti materi terkait
  • Disiplin dalam belajar

Namun, semua ini tidak ada artinya apabila kamu tidak bisa mengatur jadwal sendiri. Menuliskan tugas sobat dan kemudian mengerjakannya sampai selesai, adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa sobat tidak lupa bagaimana harus mempersiapkan ujian dengan baik dan fokus.

 

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Trik Jitu Menghafal Semua Jenis Pelajaran

Halo sobat CI Privat!

Kali ini kami ingin membagikan trik jitu menghafal. Siapa yang masih ingat pelajaran perkalian dan pembagian sewaktu SD? Ya, pada waktu itu sobat pasti diberikan tugas untuk menghafal tabel perkalian dan pembagian bukan? Bagaimana rasanya? 😉

Beberapa dari sobat mungkin mengalami kesulitan dalam menghafal materi-materi yang ada pada pelajaran. Padahal, menghafal merupakan sebuah teknik dasar yang dibutuhkan ketika kita belajar (tentunya dengan mengerti pelajaran juga hehe). Oleh karena itu, untuk membantu sobat CI Privat menghafal dalam belajar, kami ingin memberikan trik-trik jitu yang sudah diuji dan terbukti ampuh untuk menghafal.

Tulis sebelum menghafal
Sebaiknya sebelum menghafal, kita tulis terlebih dahulu semua yang akan dihafalkan. Kemudian, setelah kamu mengetahui dengan jelas apa yang akan kamu hafalkan, kamu bisa membantu otak kamu untuk menghafal dengan membaca tulisanmu tadi kembali.

Catat lagi apa yang dihafal
Menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa adalah dengan mencatat kembali semua informasi yang sudah melekat di otakmu untuk di ikat lebih kuat lagi. Atau kamu juga bisa memanfaatkan smartphonemu untuk merekam apa saja yang sudah kamu hafal dan apa saja yang kamu lewatkan. Cara ini adalah cara paling mudah untuk mengevaluasi semua hafalanmu. Selain itu, dengan mengucapkannya kembali akan memaksa otak bekerja lebih keras untuk mengingat.

Mengulang hafalan
Cara ini biasanya dapat membantu mencegah agar ingatan tidak memudar dalam waktu singkat. Karena semakin banyak kita mengulang, maka hafalan akan semakin kuat. Untuk setiap baris teks, bisa kamu ulangi beberapa kali hingga kamu benar-benar menghafalnya sebelum berpindah ke teks yang lain.

Ajarkan kepada orang lain
Apabila kamu ingin menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa, teknik mengajarkan apa yang sudah kamu hafal kepada seseorang atau langsung mempraktekkannya kepada dirimu sendiri misalnya dengan berbicara sendiri di depan kaca atau dengan memperagakan seolah-olah kamu sedang mengajar akan membantumu untuk mengingat lebih kuat dan membuat otakmu tidak mudah lupa.

Konsentrasi
Meningkatkan konsentrasi membantu dalam menghafal lebih baik. Setiap hari, selama sepuluh menit, cobalah untuk mengingat apa yang telah kamu pelajari di kelas atau beberapa pekerjaan yang kamu lakukan di kantor. Cobalah untuk mengingat setiap detail mengenai hal itu. Ketika kamu mengingat peristiwa masa lalu sehari – hari, kamu harus benar – benar berkonsentrasi dan fokus, dan ini akan membantu meningkatkan memori kamu.

Nah.. sekarang sobat sudah tau kan trik jitu menghafal? Namun, semua ini tidak ada artinya apabila kamu tidak bisa mengatur jadwal sendiri. Menuliskan tugas sobat dan kemudian mengerjakannya sampai selesai, adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa sobat tidak lupa bagaimana trik jitu dalam menghafal.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail